Makna Penting Informasi Sertifikat Guru



Informasi sertifikasi Guru menjadi hal yang penting di ketahui banyak guru di seluruh Indonesia. Salah satu permasalahan pendidikan nasional yang saat ini tetap hangat untuk di perbincangkan adalah sebuah masalah kualitas dalam pendidikan. Masalah tentang peningkatan kualitas pendidikan bisa anda lihat dari beberapa faktor. Dalam faktor yang paling utama mampu mempengaruhi kualitas dari pendidikan yaitu faktor masukan anatara proses dan hasil. Oleh sebab itu pembenahan terhadap sebuah kualitas pendidkan nantinya bisa di lakukan melalui sebuah pembenahan yang berpengaruh terhadap tiga faktor utama tersebut. Sedangkan faktor masukan sendiri di bagi menjadi beberapa bagian yaitu masukan mentah yang diberikan pada siswa, masukan instrument yang meliputi guru, jajaran managemen , kurikulum , peralatan dan perlengkapan , masukan dari lingkungan yang meliputi suara masyarakat, industri/perusahaan dan LSM-LSM
Informasi sertifikasi Guru juga harus mengetahui tentang faktor dan proses yang meliputi penggunaan strategi dalam pembelajaran seperti sebuah strategi pengorganisasian, sebuah penyampaian dan pengelolaan. Sedangkan untuk faktor hasil meliputi beberapa efektifitas dari efisiensi dan sebuah daya tarik.
Informasi sertifikasi Guru adalah sebuah informasi yang berhungan erat dengan pendidikan. Dimana Pendidikan ( guru dan dosen ) adalah  sumber daya pendidikan yang memiliki posisi sentral. Hal ini dikarenakan peran dari pendidik yang sangat strategis dalam mencapai sebuah tujuan dalam pendidikan. Sebab itu, meskipun sumber daya pendidikan terbilang cukup memadai akan mejadi hal yang tidak berarti jika para pengelola pendidik tidak memiliki kompeten yang baik. Sebaliknya meskipun sumber daya pendidikan lainnya tidak memadai, namun jika mampu di kelola oleh pendidik yang memiliki kompeten kreatif  maka nantinya tujuan dari pendidikan akan tercapai.
Seorang pendidik selain mengetahui Informasi sertifikasi Guru juga harus mengetahui beberapa peraturan yang diatur oleh pemerintah di dalam undang – undang yang berkaitan dengan adanya dunia pendidikan diantaranya UU RI  di No 20 pada tahun 2003 tentang sebuah system pendidikan nasional dan UU RI No 14 Pada Tahun 2005 tentang guru dan dosen . Di dalam UU No 20 pada tahun 2003 tentang Sisdiknas dan UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang secara yuridis formal mampu mendudukkan para guru dan dosen sebagai unsure pendidik yang merupakan seorang tenaga yang benar – benar professional. Oleh karena itu seorang guru dan dosen haru mendapatkan sebuah pendidikan dan pelatihan yang cukup memadai, agar nantinya menjadi seorang guru dan dosen yang memiliki kewenangan dan kecakapan.
Selain itu Informasi sertifikasi Guru juga mampu memberi pengetahuan tentang pentingnya sebuah kewenangan dan kompetensi para guru dan doesn yang telah di buktikan dengan adanya kualifikasi pendidikan akademik yang minimum dan sertifikasi. Salah satu kualifikasi pendidikan  dalam akademi yang minimum  bagi seorang guru pada tingkatan TK/RA,SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA dan SMK/MAK merupakan lulusan D-IV atau S1. Sedangkan untuk kualifiasi pendidkan akademin yang minimum khusus untuk dosen. Lulusan dari program master bagi program di ploma dan sarjana serta lulusan program doktor khusus untuk program pascasarjana.  Lahirnya sebuah ketentuan legal formal yang berisi tentang profesi guru dan dosen yang dimasukkan untuk menjamin mutu dari pendidikan , menjadi salah satu upaya yang menjamin mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi tugas dari Pemerintah dalam mewujudkan setiap para warganegaranya agar mendapatkan sebuah pendidikan yang layak dan lebih bermutu.
Description
: Makna Penting Informasi Sertifikat Guru
Rating
: 4.5
Reviewer
: ringrong
ItemReviewed
: Makna Penting Informasi Sertifikat Guru