Sebuah peraturan informasi Sertifikasi Guru tertera dalam Undang – Undang RI tepatnya No 20 tahun 2003 tentang sebuah Sistem Pendidikan Nasional (UU-Sisdiknas), Peraturan Pemerintah RI No.19 Pada tahun 2005 tentang sebuah Standar Nasional Pendidikan (PP-SNP) dan di dalam Undang- Undang RI No 14 pada tahun 2005 menyatakan tentang Guru serta Dosen ( UU-GD) yang berate bahwa seorang guru  wajib mempunyai beberapa kualifikasi akademik, sertifikasi pendidik , kompetisi, sehat jasmani serta rohani dan mempunyai niat dalam mewujudkan tujuan dalam pendidikan nasional.
Didalam postingan ini nantinya akan mengupas tentang pelaksanaan informasi Sertifikasi Guru. Sertifikasi guru merupakan sebuah proses dalam pemberian sertifikasi pendidik untuk seorang guru yang sudah memenuhi beberapa persyaratan sertifikasi sebagai upaya yang nantinya mampu meningkatkan mutu guru agar diharapkan bisa meningkatkan sebuah mutu dalam pembelajaran , memberikan layanan bimbingan serta konseling dan pengawasan dalam satu pendidikan yang formal secara lebih berkelanjutan. Berikut ini adalah macam-macam pelaksanaan sertifikasi guru yang dibedakan menjadi 2 bagian, antara lain:
Sertifikasi guru pada masa Jabatan
Dalam informasi Sertifikasi Guru berdasarkan sebuah Peraturan Pemerintah di dalam RI No . 74 pada tahun 2009 menyatakan tentang Guru. Pelaksanaannya sendiri untuk Guru dalam masa Jabatan yang dilakukan melalui dua cara diantaranya melakukan uji kompetensi yang melalui penilaian sebuah portolio  serta pemberian sebuah sertifikasi pendidik yang akan secara langsung untuk seorang guru yang telah memenuhi persyaratan. Bagi para peserta sertifikasi yang sekiranya belum mencapai nilai yang minimal dalam standart kelulusan diharapkan mampu memenuhi persyaratan diantaranya :
Syarat untuk informasi Sertifikasi Guru dengan memenuhi kelengkapan portofolio atau dapat mengikuti beberapa Pendidikan dan Pelatihan Profesi guru ( PLPG ) yang nantinya akan di akhiri dengan ujian. Dalam Peraturan Pemerintah RI No 74 pada tahun 2009 yang mengungkap tentang Guru mempunyai batas waktu hingga di tahun 2004, oleh sebab itu Kementerian Pendidikan Nasional telah mengelaurkan sebuah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. Selain itu di No 9 tahun 2010 juga menyatakan tentang Program Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan . Sebuah program PPG ini memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan seorang guru yang professional dan mempunyai kompetensi di dalam merencanakan, Menilai pembelajaran dan melakanakan , selain itu juga mampu menindak lanjuti sebuah hasil penilaian dengan melakukan beberapa bimbingan dan sebuah pelatihan untuk peserta didik serta dapat melakukan penelitian dan pengembangan profesi secara lebih berkelanjutan.
Sertifikasi untuk guru pra jabatan
informasi Sertifikasi Guru tentang sertifikasi pendidik guru yang di berikan pra jabatan di peroleh melalui sebuah Pendidikan Profesi Guru atau PPG . Hal ini di sesuaikan pada pasal 10 ayat 1 di dalam undang – undang RI tepatnya di No. 14 tahun 2005 yang menyatakan tentang Guru dan Dosen , dan pasal 4 dalam ayat 1 Peraturan Pemerintah di No 74 pada tahun 2009 tentang Guru. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional republik Indonesia di No. 8 pada tahun 2008 yang menyatakan tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan bahwa sebuah Pendidikan Profesi merupakan sebuah pendidikan tinggi yang sudah menempuh program sarjana dan mempersiapkan peserta didik agar mempunyai pekerjaan dengan memenuhi syarat skill yang khusus. Selain itu Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan selanjutnya dapat di sebut program Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) merupakan sebuah program pendidikan yang biasanya di selenggarakan dalam mempersiapkan lulus para S1 kependidikan dam S1 / DIV yang non kependidikan yang mempunyai minat dan bakat menjadi seorang guru agar nantinya dapat menguasu kompetensi guru yang secara utuh .
Description
: Informasi Sertifikasi Guru: Macam-Macam Pelaksanaan Sertifikasi Guru
Rating
: 4.5
Reviewer
: ringrong
ItemReviewed
: Informasi Sertifikasi Guru: Macam-Macam Pelaksanaan Sertifikasi Guru